LPM INSTITUT

BACA, TULIS, LAWAN!

PENGURUS

Hanifudin Mahfuds Ketua Baru LPM UIN Jakarta

Penulis: Adi Prayitno

Gedung SC, UINJKT Online – Hanifudin Mahfuds, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Jakarta, terpilih sebagai ketua umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dalam musyawarah anggota tahunan yang berlangsung di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur Jumat hingga Ahad (6-8/4).

Hanif menggantikan ketua LPM sebelumnya, Karno Roso yang sudah habis masa jabatannya. Setelah terpilih sebagai ketua baru, Hanif bertekad menempatkan LPM sebagai lembaga pers yang bisa menjadi kontrol terhadap kekuasan dan sistem pemerintahan mahasiswa atau student government (SG).

“Selama ini Dewan Perwakilan Mahasiswa sebagai lembaga pengontrol sistem pemerintahan mahasiswa tidak berjalan maksimal. LPM ke depan harus bisa menjadi lembaga pengontrol yang efektif demi terciptanya demokratisasi di kampus UIN Jakarta,” katanya saat ditemui UINJKT Online di gedung Student Center (SC), Selasa (10/4).

Selain itu, Hanif juga akan menjadikan LPM sebagai lembaga profesional yang bisa mengakomodir semua kelompok kepentingan di kalangan mahasiswa. Menurutnya, LPM sebagai lembaga independen mahasiswa harus bisa berdiri di atas semua golongan. “Kita tidak akan memihak siapapun,” ujarnya.

Penegasan akan netralitas LPM tersebut didasarkan pada asumsi sebagian kalangan yang menilai LPM hanya dikuasai kelompk tertentu. “Saya sadar mahasiswa UIN Jakarta itu beragam kepentingan politiknya. Namun, kita bertekad akan netral,” tegasnya menambahkan.

Rapat anggota tahunan yang dihadiri sedikitnya 30 anggota LPM tersebut juga merekomendasikan sejumlah keputusan penting, di antaranya menambahkan aturan tambahan tentang ketetapan menjadi anggota magang dan anggota tetap LPM.

Dalam rekomendasi itu disebutkan anggota magang merupakan anggota LPM yang baru selesai mengikuti Training Pers Institut (TPI) selama enam hari. Setelah itu, anggota tersebut diwajibkan magang selama enam bulan di LPM dan meraka harus mengikuti kemah jurnalistik selama tiga hari untuk mematangkan teori yang mereka kuasai selama magang.

Setelah magang dan mengikuti kemah jurnalistik itulah, anggota baru dinobatkan menjadi anggota tetap dan berhak menjadi pengurus tetap LPM. “Inilah sistem rekrutmen kita yang baru,” beber mahasiswa penyuka sepak bola itu.

Selain aturan tambahan, rapat tahunan juga mengubah struktur pengurus organisasi LPM. Struktur sebelumnya terdiri dari Pimpinan Redaksi (Pimred) yang membidangi semua penerbitan seperti jurnal dan tabloid, divisi perusahaan, pengembangan sumber daya mahasiswa (SDM), dan penelitian dan pengembangan (litbang).

Struktur yang baru terdiri dari Pimred yang dibagi menjadi dua kewenangan. Pimred pertama membidangi majalah dan jurnal ilmiah yang terbit enam bulanan sekali. Sedangkan Pimred kedua menangani tabloid institut yang terbit setiap bulan.

“Sedangkan litbang dan produksi tetap dipertahankan. Namun divisi perusahaan diubah menjadi divisi produksi,” tukas pria kelahiran Jawa Tengah itu.*

Iklan

2 Komentar »

  1. hello there and thank you for your info – I’ve definitely picked up something
    new from right here. I did however expertise several technical points
    using this website, since I experienced to reload
    the website a lot of times previous to I could get it to load properly.
    I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but sluggish
    loading instances times will often affect your placement in google and can damage your quality score if
    ads and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my email and can look out for much more
    of your respective interesting content. Ensure that you update this again soon.

    Komentar oleh phyto sc | September 25, 2014 | Balas

  2. I really like your blog.. very nice colors & theme.
    Did you make this website yourself or did you hire someone to do it
    for you? Plz answer back as I’m looking to create my
    own blog and would like to find out where u got this from.

    kudos

    Komentar oleh ดูแลผู้สูงอายุ | Oktober 9, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: